Meski browser Firefox terus menarik minat para penggemarnya di jagat dunia maya, Mozilla tak mau lengah dengan terus memikirkan inovasi selanjutnya. Kini, Mozilla tengah meminta pendapat dari pengguna internet untuk mendiskusikan masa depan dunia web, salah satunya soal browser generasi masa depan.

Proyek browser masa depan yang dipertunjukkan Mozilla ini dinamakan Aurora. Meski konsepnya masih mentah, sebuah video telah menunjukkan versi awal Aurora ini yang didesain oleh Adaptive Path.

"Kami mengundang orang di seluruh dunia terlibat dan berbagi ide bersama kami mengeksplorasi masa depan web. Tidak hanya mereka yang ahli saja, semua orang dapat turut serta," demikian pernyataan Mozilla seperti kami kutip dari detik dan diberitakan oleh Vnunet.

Browser generasi depan tersebut direncanakan punya berbagai fitur mumpuni untuk menampung tiap aspek internet baik dalam soal pekerjaan, keluarga, koneksi sosial maupun kebutuhan hiburan. Pastinya, Aurora bakal menyajikan fitur radikal yang berbeda dari browser masa kini.

Menurut Jesse James Garrett, kepala desain Aurora, evolusi browser memang bakal berkaitan erat dengan perkembangan internet dan juga dengan semakin canggihnya perangkat teknologi. Namun, jikalaupun benar Aurora nantinya jadi pengganti Firefox, masih diperlukan proses panjang untuk mewujudkannya. (www.ketok.com)