Kompi yang kali ini saya kerjakan yaitu Kompi user yang bermasalah pada BIOSnya yaitu password.

Kata usernya, ” Install ulang ajah… “. Kalau begitu ya sudah, langsung aktifkan kompi itu. Saat POST atau singkatan dari Power-On Self-Test, langsung ku tekan F2 untuk masuk setup BIOS. Namun, apa yang terjadi ???

Lanjut cerita, rupanya setup BIOS itu tak bisa ku rubah sebelum memasukkan kata kunci atau password yang telah dibuat. Berulang kali telah kucoba.

Kompi yang kali ini kita bahas yaitu Dell Optiplex GX 150 dengan pemilik yang telah berada dimana sekarang ini. Kita kembali ke laptop kalo kata mas tukul arwana (sorry saya kutip kata-katanya mas… hehehehe….).

Setelah ku tanya beberapa orang dan pengalamanku sebelumnya, ternyata jalan keluarnya dengan me-reset password BIOS itu. Lalu yang jadi pertanyaannya, bagaimana langkah untuk me-reset password BIOS tersebut ?

Yang dapat ku ingat yaitu mencabut baterai CMOS yang mengaliri arus listrik dan tegangan ke mobo yang dipakai. Selain itu, dapat pula dengan mencabut jumper password BIOS.

2 langkah tersebut sudah kulakukan tetapi masih belum bisa juga. Masalahnya apa sekarang ?. Akhirnya, karena penasaran kucari saja dari internet untuk lebih baiknya lagi dan bertanya kepada pembina saya. Kata mereka sama saja. Lakukan 2 langkah tadi kalau tak bisa ya udah.

Di internet dengan sumber di bawah nanti, ternyata saat mencabut jumper password BIOS pada mobo, harus kita aliri listrik terlebih dahulu. Dengan kata lain cabut jumper password BIOS pada mobo tersebut lalu tutp kembali casingnya ( tak ditutup kalau masih bisa aktif tak mengapa ). Lalu pasang lagi kabel power PC tersebut dan aktifkan. tak lupa pula pada monitor.

Coba Anda lihat di monitor setelah aktif, muncul tampilan blank hitam dan ada kursor yang berkedap-kedip. Sesaat kemudian muncul tulisan yang cukup melegakan yaitu password disabled. Restart kembali PC lalu coba masuk lagi ke Setup BIOS. Alhasil, berhasil !!!.

Saya turn off lagi dan pasang kembali jumper BIOS passwordnya. Turn on lagi dan akhirnya Setup BIOS PC Dell Optiplex GX 150 bisa kurubah. Saat postingan ini ditulis, PC tersebut sedang saya coba untuk reinstall.

Semoga dapat bermanfaat meskipun kadang ada kata-kata saya yang kurang berkenan, mohon dimaafkan seikhlas-ikhlasnya.

sumber : http://erpa7184.wordpress.com/2007/12/12/reset-password-bios-pc-dell-optiplex-gx-150/