Tanya :

Hai dokter yang baik, saya mempunyai suami menderita gatal-gatal di sekitar paha dan selangkangan, seperti jamur. Suami saya sudah lama sekali menderita, dan sering sekali digaruk, sehingga kadang suka tidak percaya diri. Rasa gatal itu kurang lebih satu tahun, dan sampai sekarang belum sembuh juga, kami sudah sering ke dokter dan diberikan obat menghilangkan gatal-gatal tersebut, seperti NIZORAL, salep, dan sabun seperti Bethadin juga bedak Daktarin. Tapi semua itu tidak memberikan hasil, kadang rasa gatal itu hilang, tapi sering sekali muncul, sehingga saya sebagai istri sangat kasihan. Saya sudah berkonsultasi, kemungkinan suami saya ada diabetes, karena menurut informasi orang yang berpenyakit kencing manis, kalau gatal sulit disembuhkan. Sekarang saya sangat bingung, langkah apa lagi yang harus saya lakukan ?

Saya sangat berterima kasih, jika dokter dapat memberikan jalan keluarnya, agar suami saya sembuh kembali. Salam. (Nde-Malaka)

JAWAB :

Memang keluhan gatal adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan dan nampaknya obat yang paling mujarab di dunia ini hanyalah satu yaitu digaruk. Tetapi bila melihat keluhan yang dihadapi suami anda, nampaknya kemungkinan besar adalah karena infeksi jamur dan mengapa bisa hilang timbul, kecurigaan kami terletak kepada waktu pengobatan.

Pada infeksi karena jamur, yang perlu diperhatikan selain kebersihan dan kelembaban kulit adalah waktu pengobatan, karena pada 1 minggu pertama keluhan gatal akan berkurang atau hilang tetapi sebenarnya jamur belum hilang oleh sebab itu harus diteruskan selama 2 - 6 bulan untuk menuntaskannya. Karena sekali hifa (bagian dari jamur) masih tertinggal dalam kulit maka dengan kelembaban kulit yang cukup tinggi (terutama di daerah selangkangan) akan memudahkan jamur untuk berkembang biak, dan sialnya dengan sekali pengobatan tersebut kadang-kadang jamur menjadi resisten (kebal) dengan obat yang dipakai sehingga waktu yang diperlukan cukup lama dan harus diganti dengan golongan yang lain. Melihat suami anda sudah memakai berbagai jenis obat jamur, maka kami sarankan untuk diadakan suatu resistensi test yaitu dengan memeriksakan ke laboratorium untuk dibiakkan dan dicoba dengan berbagai golongan obat, disitu akan terlihat golongan mana yang masih sensitif. Untuk menghilangkan gatal sih mudah saja, bisa dengan minum obat gatal seperti insidal atau jenis lain. Atau dengan kompres es saja sudah hilang gatalnya.

Hubungan dengan kencing manis memang bisa terjadi, untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan darah puasa dan 2 jam setelah makan.

Salam kesehatan,
Dr. August (DTV)